Tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Pariwisata telah melaksanakan program pelatihan Digital Marketing di Desa Wisata Sembrani Watusigar, Sabtu (27/7). Pelatihan ini dilaksanakan untuk mengembangkan potensi wisata melalui pemasaran digital agar dapat lebih dikenal oleh wisatawan secara luas.
Pada program pelatihan digital marketing kali ini, Tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Pariwisata berkesempatan untuk mengundang Founder dari Wilangan Eduspace sekaligus pengelola dari Desa Wisata Tinalah, Galuh Alif Fahmi Rizki, selaku pembicara.
Pelatihan digital marketing diawali dengan pengisian lembar pre-test oleh peserta pelatihan. Pada sesi pertama, pembicara memulai kegiatan dengan penyampaian materi mengenai pemasaran digital. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan ice breaking dan praktik pembuatan perencanaan konten media sosial Desa Wisata Sembrani Watusigar oleh masyarakat. Pada sesi terakhir pelatihan ditutup dengan pengisian lembar post-test oleh peserta yang hadir.
Dalam penyampaian materi, Galuh Alif Fahmi Rizki menjelaskan mengenai pentingnya peran pemasaran digital pada desa wisata, seperti bagaimana konten marketing yang menarik sebagai strategi pemasaran yang efisien serta berbagai tantangan yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemasaran melalui media sosial. Pemaparan materi dilakukan secara interaktif dengan melibatkan diskusi antara pembicara dengan peserta dan praktik-praktik ringan yang dilakukan peserta pelatihan.
Sesi selanjutnya diisi dengan pelaksanaan ice breaking untuk menjaga semangat dan antusiasme masyarakat. Kemudian, peserta pelatihan diajak untuk melakukan praktik pembuatan perencanaan untuk konten-konten media sosial Desa Wisata Sembrani Watusigar. Praktik ini dilakukan oleh peserta pelatihan dengan didampingi pembicara untuk membantu dalam proses pembuatan perencanaan sekaligus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peserta terkait konten di media sosial.
“Menjadi penting bagaimana era digital bisa dioptimalkan untuk menjadi kesempatan agar usaha desa wisata menjadi optimal. Pada pelatihan hari ini, kita membahas banyak hal terkait dengan pemasaran digital, strategi jitunya, dan capaian-capaian yang perlu dilakukan dalam optimasi strategi digital. Harapannya, ini bisa menjadi langkah baru untuk Desa Wisata Sembrani Watusigar dalam mengoptimalkan digital marketing dan dapat memberdayakan masyarakat secara lebih luas,” ungkap Galuh usai pelatihan.
Pelaksanaan program pelatihan digital marketing diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memahami pentingnya penggunaan media sosial untuk usaha desa wisata dalam menjangkau calon-calon wisatawan secara luas.
Galuh menyebutkan, bahwa kunci dari pemasaran digital yang baik dan efisien untuk desa wisata dapat ditemukan dengan praktik yang berkelanjutan. Masyarakat perlu melakukan banyak praktik dalam mengoperasian media sosial untuk menemukan strategi yang optimal bagi usaha desa wisata. *(wf/krm)