Sabtu (22/5) Subdirektorat Kreativitas adakan soft launching pengenalan komunitas baru, yaitu Business Laboratory. Business Laboratory merupakan komunitas yang berkecimpung pada bidang manajemen bisnis dan keuangan. Komunitas ini bertujuan sebagai sarana untuk mempersiapan skill, kemampuan, dan mental lebih lanjut dalam menghadapi Kompetisi Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK).
KBMK merupakan program kompetisi mahasiswa nasional di bawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kompetisi ini sendiri diharapkan dapat menjadi alternatif tambahan baru pada agenda lomba kemahasiswaan tingkat nasional Kemenristekdikti dalam rangka mencapai tujuan eratnya kerjasama antara Akademisi, Bisnis dan Pemerintahan.
Acara soft launching Business Laboratory (Bizlab) UGM dan sosialisasi internal KBMK 2021 kemarin (22/5) dilaksanakan secara daring melalui platform zoom pukul 09.00 sampai dengan 11.30 WIB. Kegiatan dihadiri oleh Ibu Choirunnisa Arifa S.E., M.Sc., Ph.D. sebagai dosen koordinator dan pembina komunitas Bizlab UGM. Selain itu, acara sosialisasi tersebut juga menghadirkan Leila Chanifah Zuhri sebagai Mahasiswa Berprestasi FEB UGM yang juga berpengalaman dalam mengikuti kompetisi KBMK. Sosialisasi internal KBMK ini mengulas mengenai sejarah KBMK, pengalaman mahasiswa saat mengikuti kompetisi, juga tips & trik KBMK, dan manfaat dari mengikuti KBMK.
Ditemui tim redaksi Nawala (22/5), Ridho sebagai Co-Founder Business Laboratory UGM mengungkapkan bahwa sampai saat ini ia dan tim Bizlab UGM telah melakukan persiapan yang cukup matang. Saat ini, tim sedang berupaya untuk menyeleksi bibit unggul calon delegasi yang akan mewakili UGM pada KBMK tahun ini dengan langkah awal mengadakan acara soft launching. Selain itu, untuk persiapan pembentukan anggota tim, mereka telah mempersiapkan tiga divisi untuk menunjang berjalannya komunitas. Tiga divisi tersebut yaitu divisi competition, human capital, dan content creator. Dibentuknya divisi competition bertujuan untuk persiapan kompetisi secara substansi. Divisi human capital dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan sumberdaya anggota tim baik di bidang akademik maupun non akademik. Sedangkan content creator berfungsi untuk mengelola konten yang kemudian memvisualisasikan media tertulis dan verbal untuk konsumsi pribadi maupun publik.
Melihat tahun sebelumnya, kontingen Business Laboratory UGM pada KBMK 2020 berhasil meraih emas menjadi Juara Terbaik 1 Nasional Bidang Audit Investigatif dan medali perak sebagai Juara Terbaik 2 Nasional Bidang Riset Investasi. Selain itu juga terdapat dua tim UGM yang menjadi finalis pada bidang Karya Ilmiah dan bidang Perencanaan Ilmiah. Tentunya proses menuju babak final tidaklah mudah dan menjadi perjalanan yang cukup panjang bagi para kontingen. Kontingen UGM telah bekerja keras untuk menjalani tahapan lomba dari babak penyisihan, babak semifinal, grand final, hingga sampai di babak final.
Bizlab UGM tahun ini benar-benar mempersiapkan strategi dengan matang untuk setiap langkah persiapannya. Selain mengadakan soft launching untuk mencari dan mempersiapkan bibit unggul kontingen Business Laboratory UGM untuk KBMK 2021, Bizlab UGM juga akan mengadakan workshop buku panduan KBMK 2021. Terhitung sejak bulan Mei, Bizlab UGM juga mengadakan open submission proposal untuk seleksi internal tim. Dari serangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan sejauh ini, harapan Bizlab UGM pada KBMK tahun 2021 ialah para kontingen UGM dapat lolos menjadi finalis di semua (10) bidang perlombaan KBMK 2021 dan tentunya menjadi juara umum. “Semoga dengan adanya komunitas Bizlab UGM ini bisa berkontribusi dan berperan dalam mempersiapkan lomba KBMK dan semoga KBMK 2021 ini bisa lancar,” tutur Ridho menutup perbincangan kali ini.