Sosialisasi program Gerdes kembali diadakan pada Hari Minggu (13/8) Acara ini masih menerapkan pola yang sama seperti sosialisasi sebelumya yakni diadakan di Balai Desa Jatimulyo serta dihadiri oleh puluhan pelaku UMKM setempat. Materi sosialisasi dibawakan langsung oleh Dosen Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada, Bapak Galuh Adi Insani. Sosialisasi kali ini Berfokus pada pengenalan digital marketing dan e-commerce kepada pelaku UMKM Desa Jatimulyo untuk membantu proses pemasaran produk.
Sebagai pengantar materi sosialisasi, Pak Galuh menyampaikan perihal bagaimana menjual suatu produk dengan memahami value yang akan kita berikan terhadap customer. selain itu beliau juga menyampaikan agar para pelaku usaha tidak takut untuk menghadapi kegagalan dengan menerapkan mindset berkembang. Beliau juga memberikan contoh bagaimana sebuah kegagalan yang berhasil diubah menjadi peluang. kemudian masuk te topik utama sosialisasi yakni informasi mengenai digital marketing dan e-commerce. Dimana dalam pemaparannya kali ini Pak Galuh menekankan pada bagaimana teknologi mampu menjadi problem solving dari berbagai permasalahan yang terjadi dewasa ini terutama berkaitan dengan penjualan. Lebih lanjutnya lagi Pak Galuh memperkenalkan berbagai istilah yang cukup familiar di dunia digital marketing seperti SEO Search Engine dan Google Data Studio yang nanti bisa dimanfaatkan para pelaku usaha untuk melakukan periklanan di berbagai media sosial. para hadirin juga diperkenalkan dengan ide bisnis Business Model Canvas, dimana konsep ini akan membantu produsen dalam memaksimalkan nilai dari produk buatannya dan bagaimana produk tersebut mampu menarik lebih banyak customer lewat berbagai macam langkah marketing serta pricing strategy yang dijelaskan.
Dengan adanya sosialisi ini, pelaku UMKM diharapkan dapat mengembangkan cara berjualannya mereka dari awalnya masih menggunakan cara konvensional biasa menjadi lebih modern, yakni dengan memanfaatkan e-commerce yang telah banyak bermunculan. Jika para pelaku UMKM telah diberi bekal pengetahui mengenai cara menerapkan digital marketing bagi sektor bisnis, harapannya dapat memperluas pangsa pasar produk UMKM. Sehingga produk asli daerah tidak hanya di kenal di kalangan lokal tetapi juga mampu tembus hingga kancah internasional. Jadi hal ini merupakan langkah kecil untuk memperdaya produk lokal Indonesia agar kualitasnya terus meningkat sehingga tidak kalah saing dari produk impor.
(Fenny Agustin)