Permasalahan yang sering muncul dalam pemasaran oleh produsen produk olahan ikan di Desa Sendangrejo yakni perubahan tren pasar, preferensi konsumen yang berubah, biaya pemasaran yang tinggi, dan ROI yang tidak pasti. Banyak diantara pengusaha kecil atau UMKM mengalami kesulitan dan banyak kendala untuk menjadi naik kelas. Hal ini tim pelaksana sadari sebagai salah satu langkah untuk mendukung UMKM memperoleh kesempatan meningkatkan usahanya dengan adanya pelatihan dan konsultasi. Tim PPK Ormawa Nawasatya UGM menggandeng beberapa pakar dan pengusaha yang sudah melalang buana dalam dunia bisnis dengan mengadakan pelatihan kepada UMKM Desa Sendangrejo untuk berkonsultasi dan melakukan analisis studi kasus persoalan usahanya.
Bentuk kerja sama dengan beberapa UMKM dan mitra sebagai pemateri merupakan salah satu bentuk genjotan ekonomi masyarakat Desa Sendangrejo melalui sektor UMKM. Hal ini diungkapkan oleh Muhammad Salman selaku Ketua Pelaksana PPK Ormawa Nawasatya UGM, “Perjalanan panjang program tim kami akan menyasar sektor UMKM Desa Sendangrejo, sebab sektor ini menjadi salah satu akselerator pertumbuhan ekonomi mikro suatu wilayah. Harapannya dengan adanya pelatihan ini dapat membawa angin segar dan ilmu baru bagi pelaku usaha Desa Sendangrejo,” ungkap Salman (8/8).
Selain itu, melalui wawancara singkat dengan salah satu pelaku UMKM Desa Sendangrejo menuturkan perlu adanya pelatihan manajemen UMKM supaya terjadi peningkatan penjualan. “Dengan adanya pelatihan tersebut kami sangat mendukung supaya dapat membantu kami para UMKM untuk terus tumbuh dan mendapatkan ilmu yang berguna nantinya,” ujar Mujiono selaku Owner Abon Lele (7/8).
Pelatihan dan konsultasi yang dilakukan oleh tim PPK Ormawa Nawasatya UGM dengan beberapa pakar dan pengusaha selaras dengan poin SDGs ketujuh belas, yaitu kolaborasi kemitraan untuk mencapai tujuan. Kolaborasi kemitraan merupakan bagian dari salah satu program utama dari PPK Ormawa Nawasatya, yakni House of Merchant Innovation. House of Merchant Innovation berisi pelatihan manajemen keuangan, kelembagaan berupa SensHation.id, dan pendampingan pemasaran produk melalui kerja sama jaringan kemitraan.
Penulis: Aprila Kusuma Dewi