Sosialisasi digital marketing di Desa Sendangrejo digelar pada Selasa (13/08) yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan kamituwo Desa Sendangrejo. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Tim PPK Ormawa Nawasatya untuk memperkenalkan digital marketing kepada masyarakat di Desa Sendangrejo yang dipaparkan oleh Anang Putra Darmawan selaku mentor di bidang digital marketing. Materi yang disampaikan tidak hanya memberikan pengenalan tentang digital marketing, tetapi juga membahas langkah-langkah praktis yang harus diambil ketika memulai penjualan secara digital.
Kegiatan sosialisasi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars PKK, dan mars Sleman Sembada. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Sri Mujiyati. selaku Ketua PKK Desa Sendangrejo dan Dira Nur Rahmawati selaku Kepala Dusun Plaosan. Setelah sambutan-sambutan, sesi pemaparan materi berlangsung interaktif. Para peserta dengan antusias mengajukan berbagai pertanyaan, menandakan ketertarikan mereka terhadap topik digital marketing yang disampaikan.
Respon positif dari peserta menunjukkan minat besar terhadap materi yang disajikan, terutama terkait penerapan digital marketing di tingkat desa. “Pelatihan ini kami inisiasikan sebagai bentuk relevansi dan optimasi dalam penjualan produk melalui digitalisasi. Semangat dan antusiasme peserta dapat ditampilkan sejak awal kegiatan hingga berakhir.” Ujar Muhammad Salman (13/8).
Materi yang disampaikan dalam sosialisasi kali ini difokuskan pada pentingnya pemanfaatan platform digital sebagai media penjualan produk bagi pelaku UMKM. Transformasi digital dalam sektor penjualan diharapkan dapat menjadi strategi yang efektif untuk memasarkan hasil produksi secara efisien dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan mengadopsi digitalisasi, pelaku UMKM tidak hanya dapat meningkatkan jangkauan konsumen, tetapi juga dapat memperkuat daya saing produk mereka di pasar yang semakin kompetitif.
Penulis: Aprila Kusuma Dewi, Liviasta Gisella Sujarwo