Semangat menyambut Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) periode 2016 didanai 2017 di UGM sudah mulai tampak meriah. Meskipun Dikti belum secara resmi membuka pendaftaran proposal, beberapa fakultas telah ‘mencuri start’ dengan melakukan sosialisasi PKM di tingkat fakultas. Diawali dengan sosialisasi di tingkat universitas, Kamis (15/9), fakultas-fakultas pun bergerak melakukan sosialisasi. Tercatat Fakultas Psikologi, Peternakan, Teknologi Pertanian, Biologi, Farmasi, Ilmu Budaya, Sekolah Vokasi, telah melakukan sosialisasi dan dalam waktu dekat fakultas lain dijadwalkan juga akan melakukan hal serupa. Tidak hanya di level fakultas, semangat untuk mensosialisasikan PKM juga sudah merambah di tingkat program studi. Sosialisasi di tingkat prodi salah satunya dilakukan oleh Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik, Jumat (30/9) kemarin.
Menanggapi hal tersebut, Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., menganggap hal tersebut tidak lepas dari usaha keras dan inovasi-inovasi yang dilakukan selama setahun terakhir. “Ini merupakan iklim yang sangat positif bagi mahasiswa untuk berkreasi. Selama setahun terakhir kami telah mencoba berbagai inovasi dan pendekatan yang berbeda dengan mendatangi mahasiswa dan mengajak mereka berperan aktif untuk mengembangkan PKM di UGM,” terang Agus. Hal lain yang digarisbawahi oleh Agus adalah peran PKM Center yang semakin terlihat dan familiar di mata mahasiswa. “Saat ini semua mahasiswa sudah berbondong-bondong ke PKM Center tanpa harus kita dorong-dorong,” cetusnya.
Semangat untuk sosialisasi dan menulis proposal PKM tidak hanya marak di dunia nyata. Di dunia maya pun semangat itu terlihat jelas. Poster-poster bernada ‘provokatif’ pun bermunculan. Salah satu poster yang menarik adalah yang dibuat oleh Husna, mahasiswi dari prodi PWK. Secara apik Husna menampilkan seorang mahasiswa yang sedang mengenakan jas almamater UGM dan memberi caption “Jas almamater kamu nganggur? Mending ikut PKM aja. Bikin bangga UGM. Let’s Go.” Tidak mau kalah, PKM Center mengobarkan semangat dengan cara berbeda. Melalui akun media sosialnya, PKM Center mengkampanyekan tagar “#UGM2000PROPOSAL, #BikinBanggaUGM, dan #kreativitasUGM” di hampir setiap pengumuman yang mereka tampilkan.
“Cara-cara ini juga merupakan bentuk kreativitas mahasiswa untuk mengkampanyekan dan mengajak mahasiswa lain untuk menulis proposal PKM. Dan hal ini sangat baik karena media sosial terkadang jauh lebih efektif daripada cara konvensional,” papar Agus. “Meskipun demikian kita tetap berpegang pada norma-norma yang berlaku, jangan sampai ada isu-isu SARA dan sebagainya,” lanjutnya.