Jumat (23/10), acara penutupan dan pengumuman pemenang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XIII/2020 telah disiarkan melalui Akun Youtube Telkom University. Kontingen UGM memenangkan medali perak pada divisi pengembangan perangkat lunak dan pengembangan aplikasi permainan.
Pada divisi pengembangan perangkat lunak, Mochammad Abdurrozaq Hidayat, Dhimas Aji Suryakusuma, dan Leon Davin selaku pemenang, membuat aplikasi bernama EMOD. Aplikasi ini berguna untuk mendeteksi kondisi kesehatan mental seseorang dan memberikan rekomendasi sesuai kebutuhannya.
Adapun divisi pengembangan aplikasi permainan, diwakili oleh Dede Trimulya, Rendy Kurniawan E, dan Muhammad Za’im Al Rasyid. Mereka mengembangkan aplikasi permainan berjudul fatescape. Aplikasi permainan ini berbasis visual novel untuk melatih kemampuan manajemen waktu pemainnya. Pemain diberi kesibukan dan permasalahan sehari-hari berdasarkan cerita dalam permainan.
“Jadi pemain dituntut untuk bisa mengatur waktu pada aktivitas-aktivitas yang dilakukannya serta menyelesaikan permasalahan yang ada. Permainan ini kami rancang sedemikian rupa sehingga pemain seolah-olah mendapatkan pengalaman seperti di dunia nyata,” terang Dede Trimulya, mahasiswa Fakultas Teknik angkatan 2018.
GEMASTIK merupakan ajang bergengsi yang dinaungi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun ini GEMASTIK mengangkat tema “Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia Maju”. Kompetisi ini digelar secara daring sejak babak penyisihan pada 13-22 September 2020 hingga babak final pada 20-23 Oktober 2020. (krm/nfs)