• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Ditmawa
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Subdirektorat Kreativitas Mahasiswa
Direktorat Kemahasiswaan
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Sambutan Direktur
    • Profil
    • Hubungi Kami
    • Agenda Kegiatan
  • Kabar Prestasi
  • SANG JUARA UGM
    • SANG JUARA UGM 2025
    • SANG JUARA UGM 2024
    • SANG JUARA UGM 2023
    • SANG JUARA UGM 2022
    • SANG JUARA UGM 2021
    • SANG JUARA UGM 2020
    • SANG JUARA UGM 2019
    • SANG JUARA UGM 2018
    • SANG JUARA UGM 2017
    • SANG JUARA UGM 2016
    • SANG JUARA UGM 2015
  • Info Lomba
  • Beranda
  • Berita Terbaru
  • BUAT TUTORPEDIA, MAHASISWA UGM JUARA 2 IDEAFUSE 2017

BUAT TUTORPEDIA, MAHASISWA UGM JUARA 2 IDEAFUSE 2017

  • Berita Terbaru, Prestasi
  • 26 May 2017, 09.58
  • Oleh: admin
  • 0

Berawal dari fenomena banyaknya siswa yang malas belajar, empat mahasiswa Prodi Ilmu Komputer UGM, Prabowo Wahyu Sudarno, Tommy Wahyu Yudialim, Ahmad Fauzi Wibowo, dan Komang Ary Tebuana membuat aplikasi edukasi yang dinamai Tutorpedia. Di bawah bimbingan dosen Ilmu Komputer UGM, Guntur Budi Herwanto, S.Kom., M.Cs., aplikasi tersebut berhasil meraih juara dua di lomba IDEAFUSE 2017 kategori Innovative App Idea Exhibition, Sabtu (20/5) di STMIK-STIE Mikroskil, Medan.

“Aplikasi Tutorpedia adalah aplikasi edukasi berbasis android yang menawarkan kenyamanan belajar dengan fitur-fitur menariknya. Ada fitur materi lengkap yang interaktif, fitur event yang berisi try out tiap minggunya, konsultasi, dan fitur utama kita mencari tutor,” jelas Prabowo saat diwawancarai tim Direktorat Kemahasiswaan, Jumat (26/5).

“Pada dasarnya orang malas itu disebabkan dua faktor, karena dia orangnya lebih suka belajar sendiri atau malah tidak bisa sendiri,” kata Prabowo, “untuk yang suka belajar sendiri kita ada fitur materi dan konsultasi. Di situ user bebas mempelajari yang mereka mau. Lalu ada fitur konsultasi, user bebas menanyakan apapun ke user lain, disitu ada interaksi sosial. Nah, untuk orang yang susah belajar sendiri, di situ ada fitur cari tutor yang sudah berpengalaman, bisa dilihat via app juga CV-nya,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Tutorpedia juga menyediakan fitur gamifikasi. Fitur ini memungkinkan para user untuk saling membantu menjawab soal. Apabila jawaban dirasa membantu, user bisa mendapatkan ‘jempol’ dari user lain yang dapat ditukarkan dengan hadiah. Selain itu, Tutorpedia juga mengadakan event “Weekly Quest”, sebuah tantangan mingguan berupa soal-soal. User yang mampu mengerjakan tantangan tersebut juga berhak atas poin yang juga bisa ditukarkan dengan hadiah.

“Terakhir, setiap user jika sering membantu orang dan sering mengikuti event, selain mendapatkan poin juga mendapatkan ‘exp’ untuk meningkatkan pangkat user itu, misalnya pemula, lalu pejuang, lalu penggiat, lalu pro student,” kata Prabowo.

Tommy, anggota tim tersebut, menambahkan bahwa aplikasi tersebut dibuat sejak Desember 2016. Hingga saat ini aplikasi tersebut telah diikutkan dalam empat lomba, tiga diantaranya berhasil menembus babak final termasuk saat menjadi juara  2 di IDEAFUSE 2017.

“Final-final yang sebelumnya kita jadikan pelajaran bahwa sebenarnya aplikasi kita belum sempurna. Ke depan kita terus bangkit bukan malah menyerah, menerima banyak masukkan juri sehingga selalu dikembangkan mana sisi lemah aplikasi tersebut,” ujarnya. (krm/tm)

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

BERITA TERBARU

  • Tim GMBB Community Mengukir Prestasi pada The 22nd Civil Engineering National Summit (CENS) sebagai Juara kedua Innovative Essay Competition
  • Tim Geosains UGM Raih Juara 1 pada Ajang The 22nd Civil Engineering National Summit (CENS) Universitas Indonesia
  • Kembali Harumkan Nama UGM, Tim GMBB Community UGM Menorehkan Juara 2 dalam Civil Tender Competition 2025
  • Tim GMBB Community Raih Posisi Kedua di Ajang International Bridge Design Contest CEIC XIII
  • Gemilang di COMET 6.0, Gamantaray UGM Buktikan Kemampuan di Kancah Maritim

Agenda Kegiatan

Universitas Gadjah Mada

Copyright © 2023, Subdirektorat
Kreativitas Mahasiswa
Direktorat Kemahasiswaan,
Universitas Gadjah Mada

kreativitas@ugm.ac.id

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

TENTANG DITMAWA

  • Profil Ditmawa
  • Struktur Organisasi

PROGRAM DITMAWA

  • Kreativitas Mahasiswa
  • Pengembangan Karakter Mahasiswa
  • Kegiatan dan Kelembagaan Mahasiswa
  • Kesejahteraan Mahasiswa

FASILITAS KEMAHASISWAAN

  • Fasilitas Kemahasiswaan

© Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontak

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju