• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Ditmawa
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Subdirektorat Kreativitas Mahasiswa
Direktorat Kemahasiswaan
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Sambutan Direktur
    • Profil
    • Hubungi Kami
    • Agenda Kegiatan
  • Kabar Prestasi
  • SANG JUARA UGM
    • SANG JUARA UGM 2025
    • SANG JUARA UGM 2024
    • SANG JUARA UGM 2023
    • SANG JUARA UGM 2022
    • SANG JUARA UGM 2021
    • SANG JUARA UGM 2020
    • SANG JUARA UGM 2019
    • SANG JUARA UGM 2018
    • SANG JUARA UGM 2017
    • SANG JUARA UGM 2016
    • SANG JUARA UGM 2015
  • Info Lomba
  • Beranda
  • Berita Terbaru
  • SOSIALISASI GEMASTIK 11 PUTARAN 2: TOTALITAS PERSIAPKAN PARA JAWARA

SOSIALISASI GEMASTIK 11 PUTARAN 2: TOTALITAS PERSIAPKAN PARA JAWARA

  • Berita Terbaru, Kegiatan
  • 14 May 2018, 12.23
  • Oleh: admin
  • 0

KOMATIK UGM berkolaborasi dengan komunitas Night Login telah menyelenggarakan Sosialisasi Gemastik 11 putaran 2. Agenda ini diselenggarakan pada Jumat, 11 Mei 2018 dan  bertempat di ruang E6, lantai 3 Gedung DTETI, Fakultas Teknik UGM. Sosialisasi kali ini menghadirkan tiga orang pembicara, yaitu Bapak Ir. Lukito E., M.Sc., Ph.D. ; Andreas Gandhi H.P., S.T. ; dan Rian Adam Rajagede, S.Kom. Hadirnya ketiga pembicara tersebut dapat menghadirkan sebanyak 87 orang peserta yang merupakan mahasiswa UGM dari berbagai prodi. Sedari pukul 12.30 WIB, beberapa peserta sudah datang untuk kemudian melakukan registrasi ulang terlebih dahulu sebelum mengikuti sosialisasi. Menginjak sekira pukul 13.15 WIB, tamu undangan dan pembicara mulai berdatangan.
Pada pukul 13.40 WIB, MC pun membuka acara. Pada sosialisasi kali ini, acara dipandu oleh Lutfi (Fakultas Teknologi Pertanian) dan Anton (Fakultas Teknik). Rangkaian acara pertama pada sosialisasi kali ini adalah sambutan dari tamu undangan, yaitu Ketua Night Login, yang diwakili oleh Axel; sambutan dari Ketua KOMATIK UGM, Arif Hidayat; sambutan dari pembina KOMATIK, Bapak Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T.; dan Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Bapak Suherman, S.Si., M.Sc. Ph.D. Dalam sambutannya, Bapak Suherman menekankan satu poin penting bahwa pada 2018 ini, UGM harus dapat mencapai peringkat pertama dalam kegiatan kemahasiswaan, yaitu salah satunya dapat ditunjang dengan kemenangan di Gemastik 11. Seusai sambutan dari ketiganya, acara pun beranjak ke sesi pemutaran video teaser Gemastik. Pemutaran video ini bertujuan untuk memberikan sedikit gambaran mengenai Gemastik kepada para peserta.


Seusai pemutaran video teaser, acara beranjak menuju sesi penyampaian materi oleh ketiga pembicara. Andreas Gandhi menjadi pembicara pertama yang mengawali sesi ini. Dalam sesi ini, Andreas mengangkat tema “How to Win Gemastik 101”. Sebagai seorang yang pernah dua kali meraih medali dalam Gemastik, yaitu pada bidang Bisnis TIK dan Embedded System, Andreas menekankan dua hal mendasar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Gemastik. Pertama, persiapan yang perlu dilakukan ketika mengikuti bidang lomba Bisnis TIK dan kedua, persiapan yang perlu dilakukan ketika mengikuti bidang lomba Embedded System. Seusai penyampaian materi, sesi langsung berlanjut ke tanya jawab. Tema yang dibawakan oleh Andreas cukup menarik sehingga mampu memunculkan rasa ingin tahu pada beberapa peserta.
Berakhirnya sesi tanya jawab menandai berakhirnya sesi pembicara pertama. Selanjutnya, pembicara kedua pada sesi ini adalah Bapak Lukito. Bapak Lukito merupakan salah seorang juri Gemastik pada bidang Bisnis TIK. Dengan demikian, tema yang dibawakan Bapak Lukito dalam penyampaiannya kali ini adalah seputar kiat-kiat dalam menjadi jawara pada bidang Bisnis TIK. Poin utama dari penyampaian beliau adalah membuat ide semenarik mungkin, begitu pula menyampaikan ide lewat proposal yang menarik. Seusai penyampaian materi, acara kemudian berlanjut ke sesi tanya jawab dan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada Bapak Lukito.


Kemudian, sesi berlanjut ke penyampaian materi dari pembicara ketiga, yaitu Rian Adam Rajagede.  Rian Adam Rajagede merupakan salah seorang jawara Gemastik dari UGM yang berhasil memenangkan bidang lomba Pengembangan Game Apps. Sesuai dengan latar belakangnya ini, Rian membagikan kiat-kiat untuk memenangkan Gemastik bidang Pengembangan Game Apps. Kiat-kiat tersebut adalah melakukan riset, perbanyak sharing ide dengan tim, dan sesuaikan tema game dengan tema Gemastik. Sesi ini kemudian diakhiri dengan tanya jawab dan dilanjutkan dengan sesi kuis. Pada sesi kuis ini, MC mengetes sejauh mana informasi yang dapat diperoleh para peserta. Total ada tiga buah pertanyaan yang dilontarkan oleh MC yang dapat dijawab oleh tiga orang peserta. Ketiga peserta ini kemudian dianugerahi doorprize berupa mouse karena keaktifan mereka dalam kuis ini. Selepas sesi kuis, acara pun berlanjut ke sesi penyerahan kenang-kenangan kepada Andreas Gandhi dan Rian Adam. Sesi ini sekaligus menandai berakhirnya Sosialisasi Gemastik 11 putaran 2 pada siang itu. Menginjak pukul 16.15 WIB, acara pun ditutup oleh MC.

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

BERITA TERBARU

  • Tim GMBB Community Mengukir Prestasi pada The 22nd Civil Engineering National Summit (CENS) sebagai Juara kedua Innovative Essay Competition
  • Tim Geosains UGM Raih Juara 1 pada Ajang The 22nd Civil Engineering National Summit (CENS) Universitas Indonesia
  • Kembali Harumkan Nama UGM, Tim GMBB Community UGM Menorehkan Juara 2 dalam Civil Tender Competition 2025
  • Tim GMBB Community Raih Posisi Kedua di Ajang International Bridge Design Contest CEIC XIII
  • Gemilang di COMET 6.0, Gamantaray UGM Buktikan Kemampuan di Kancah Maritim

Agenda Kegiatan

Universitas Gadjah Mada

Copyright © 2023, Subdirektorat
Kreativitas Mahasiswa
Direktorat Kemahasiswaan,
Universitas Gadjah Mada

kreativitas@ugm.ac.id

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

TENTANG DITMAWA

  • Profil Ditmawa
  • Struktur Organisasi

PROGRAM DITMAWA

  • Kreativitas Mahasiswa
  • Pengembangan Karakter Mahasiswa
  • Kegiatan dan Kelembagaan Mahasiswa
  • Kesejahteraan Mahasiswa

FASILITAS KEMAHASISWAAN

  • Fasilitas Kemahasiswaan

© Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontak

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju